21 May 2011

Awas Hati-hati pada Aplikasi Facebook!


Banyaknya aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga pada Facebook ternyata dimanfaatkan sebagian orang untuk mendapatkan informasi personal para penggunanya. Pernyataan ini disampaikan firma keamanan komputer dan internet Symantec.

Dalam laporan hasil penelitiannya, Symantec menyebutkan bahwa pihak ketiga dapat mengakses informasi personal seperti profil, foto, percakapan di chat dan bahkan punya kemampuan untuk memposting pesan.

Lebih lanjut, seperti di lansir Reuters pada Kamis 12 Mei lalu, Symantec memperkirakan ada sekitar hampir 100 ribu aplikasi di Facebook yang memungkinkan terjadinya kebocoran informasi. Disebutkan Symantec, selama bertahun-tahun, ratusan aplikasi mungkin saja telah secara tak sengaja membocorkan jutaan akses token ke pengembang aplikasi.

Namun menurut Symantec, para developer yang memasang aplikasinya di Facebook ini mungkin juga tidak menyadari bahwa mereka bisa mengakses informasi itu.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Facebook dihadapkan pada isu seputar potensi kebocoran informasi. Tahun lalu, seorang konsultan keamanan internet bernama Ron Bowles mengungkapkan, setidaknya ada 100 juta pengguna Facebook yang detail informasi pribadinya bocor ke publik.

Berbagai cara pun telah dilakukan Facebook untuk menanggulanginya. Mulai dari mengupdate sistem pengaturan privasi hingga mengenkripsi ID pengguna.

Maka, berhati-hatilah saat memakai aplikasi Facebook, terlebih bila ada yang meminta data-data pribadi anda!
Referensi: detikInet

Related Post



2 comments:

Setuju...
hati hati
aplikasi tsb mencuri data kita...
data merupakan yang paling berharga...

memang berhati hati dalam menggunakan medsos

instagram aqua

Post a Comment

Silahkan berkomentar di sini.

Bebas dan unik, tapi sopan :)